Makalah Ilmu Sosial Dasar 1 : Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Pengertian
       Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah manusia .

Tujuan
· Memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mempelajari gejala-gejala sosial yang ada agar daya tanggap, presepsi dan penalaran dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat berjalan baik.
· Mengembangkan kesadaran dalam menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman, kesetaraan, dan kemartabatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
· Menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman, kesederajatan, dan kemartabatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika, dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.

3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan alam (Natural Science)
            adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta dan hubungan keterkaitan atau hubungan timbal balik antara manusia dengan alam.
Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science)
            adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai interaksi sosial, nilai kehidupan, hubungan antara manusia.
Pengetahuan Budaya atau Pengetahuan Humaniora (The Humanities)
            adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu norma asas, adat dan kebiasaan masyarakat di setiap wilayah diberbagai Negara

Persamaan ISD dengan IPS
     Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
     Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
     Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

Perbedaan ISD dengan IPS
     Ilmu sosial dasar diberikan di Perguruaan Tinggi, ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
     Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
     Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Ruang Lingkup ISD
Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :
     kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
     konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
     Masalah-masalh yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.

Sumber:
     https://erwinari.wordpress.com/2013/11/15/ilmu-sosial-dasar-sebagai-komponen-mata-kuliah-dasar-umum/


Comments

Popular posts from this blog

TIPOLOGI PERPUSTAKAAN

INTILAND TOWER

Rumah Hanok