TIPOLOGI PERPUSTAKAAN

DEFINISI PERPUSTAKAAN

Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.

Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penyimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut ataupun tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

Perpustakaan merupakan jantungnya dunia pendidikan karena berbagai macam informasi bisa kita dapatkan di perpustakaan


PERPUSTAKAAN ITS



Perpustakaan ITS bermula dari Perpustakaan Yayasan Perguruan Tinggi Teknik 10 November (YPTT), yang didirikan pada tahun 1959 dan berlokasi di Jl. Embong Ploso 12 Surabaya. Koleksi perpustakaan yang diperoleh saat itu adalah Sumbangan dari penasehat YPPT atas nama Prof. A.G. Pringgodigdo, Seorang professor wanita dari Amerika Serikat, United State Operation Mission (USOM) dan yang terakhir dari PT Shell. Pada awal pendirian Perpustakaan ini pegawainya hanya 2 orang.

Perpustakaan ITS diresmikan tahun 1960 bersamaan dengan diresmikannya ITS menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Pada saat itu jumlah pegawai bertambah menjadi 5 orang yang terdiri dari 3 orang wanita dan 2 orang pria. Pada tahun 1966 Perpustakaan ITS pindah ke Jalan Baliwerti 119-121 Surabaya, dan menempati ruang seluas 220 m2 dengan jumlah pegawai menjadi 8 orang yang terdiri dari 4 wanita dan 4 pria. Pada tahun 1967, perpustakaan mendapat tambahan seorang pegawai baru lulusan Akademi Perpustakaan sehingga pegawainya menjadi 9 orang. Pada tahun 1975 Perpustakaan ITS pindah ke jalan Cokroaminoto 12A Surabaya, dan menempati ruang seluas 300 m2

Pada tahun 1982 Perpustakaan ITS pindah kampus ITS Sukolilo dan menempati 1707 m2. Pada bulan Maret tepatnya tahun1995, Perpustakaan ITS menempati gedung seluas 7.500 m2 yang terdiri 5 lantai.

Lokasi



Fasilitas

Ruang baca 24 jam 
Lobby / Lesehan 
Cafetaria  Fotokopi 
Locker (penitipan tas) 
Hometheatre (Setiap hari Selasa dan Kamis) 
OPAC (Online Public Access Catalogue) 
Sampoerna Corner 
IDIS (Indonesia Development Information Service) - World Bank 
Cafe Hotspot 
PLN Corner 
Ikoma Corner 
Mushalla 

Denah






Referensi

http://slideplayer.info/slide/1956805/
http://library.its.ac.id/



Comments

Popular posts from this blog

INTILAND TOWER

Rumah Hanok